Kunjungan Gubernur Maluku Utara ke SMP Al-Azhar Palu

Kunjungan Gubernur Maluku Utarake SMP Al-Azhar Palu

Gubernur Maluku Utara Kunjungi SMP Al-Azhar Palu, Kagum dan Merasa Setara dengan Sekolah di Luar Negeri

 

       PALU – SMP Al-Azhar Palu, Senin kemarin mendapatkan tamu istimewa. Gubernur Maluku Utara, Abd Gani Kasuba, menyempatkan waktu berkunjung ke SMP Al-Azhar Palu. Selama di SMP Al-Azhar Palu, Abd Gani, berkeliling dan melihat berbagai fasilitas yang dimiliki satu-satunya sekolah swasta, yang pernah berstatus RSBI tersebut.

 

           Abd Gani Kasuba, diterima langsung Kepala SMP Al-Azhar Palu, Drs Abd Basit Arsyad MPd. Setelah berdiskusi beberapa menit di ruang kerja Abd Basit, Abd Gani Kasuba, kemudian diantar untuk berkeliling lingkungan sekolah.

          Di perpustakaan, kepada tamunya, Basit, menjelaskan beberapa koleksi yang dimiliki perpustakaannya. Bukan hanya buku, tetapi katalog yang telah menggunakan sistem digital, koleksi uang dari berbagai negara, koleksi buku yang menggunakan bahasa Inggris, serta beberapa koleksi benda-benda budaya, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

        Selain perpustakaan, Gubernur Maluku Utara, yang meraih kemenangan dan perolehan suara mencapai 75 persen tersebut, juga diantar untuk menyaksikan koleksi yang dimiliki sekolah di laboratorium IPA dan IPS. Juga melihat dari dekat, proses belajar mengajar, baik di kelas reguler, maupun kelas ekstensi, yang interaksi belajar mengajarnya, dominan menggunakan bahasa Inggris.

       Abd Gani Kasuba, menyatakan kekagumannya dengan fasilitas dan model pembelajaran yang dimiliki SMP Al-Azhar Palu. sebagai orang yang berasal dari lingkungan pendidikan, Abd Gani, mengaku banyak mendapatkan tambahan wawasan, mengenai pengelolaan lembaga pendidikan, setelah berkunjung ke SMP Al-Azhar Palu.

“Sekolah ini, tidak kalah bahkan setara dengan sekolah yang pernah saya kunjungi di Malaysia, Singapura bahkan Korea. Saya salut dengan berbagai usaha yang dilakukan oleh Pak Basit, dalam mengelola sekolah ini, sehingga menjadi seperti saat ini,”aku Abd Gani Kasuba.

        Abd Gani, mengaku banyak belajar dan siap untuk mengadopsi beberapa sistem yang ada di SMP Al-Azhar Palu, di sekolah yang ada di Provinsi yang dipimpinnya, yakni Maluku Utara.

Yang menarik, kunjungan kemarin, sekaligus menjadi ajang reuni antara Abd Gani Kasuba dengan Abd Basit Arsyad. Keduanya, ternyata memiliki hubungan emosional yang cukup erat, sebab dulunya Abd Basit, adalah murid Abd Gani, ketika menimba ilmu di Madrasah Diniyah Alkhairaat.

“Dulunya saya ini gurunya Pak Basit, tetapi sekarang saya datang belajar sama beliau. Saya dulu, guru agamanya Pak Basit, ketika masih di madrasah Alkhairaat. Saya dengan orangtua Pak Basit, memiliki hubungan yang cukup erat,”demikian Abd Gani